Jumat, 03 Oktober 2014

MAKNA IDUL ADHA

Makna Idul Adha


Makna, Idul, Adha


Di Indonesia, Idul Adha atau Hari Raya Haji adalah sebuah hari raya Islam yang diperingati sebagai peristiwa kurban ketika Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail untuk Allah SWT. Yang kemudian digantikannya Oleh-Nya dengan seekor Domba.

Pada Hari Raya ini seluruh umat Islam berkumpul pada pagi hari di Masjid-masjid atau di tanah lapang untuk melakukan sholat Ied besama-sama. Setelah sholat dilakukan penyembelihan hewan kurban untuk memperingati perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih Domba sebagai pengganti putranya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah setiap tahunnya atau 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Dalam Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik lainnya Umat Islam diharamkan untuk menjalankan ibadah Puasa.

Pusat Hari Raya Idul Adha adalah di sebuah Desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Disini ada tiga tiang batu yang melambangkan iblis dan harus dilempari batu oleh Umat Muslim yang sedang Naik Haji.

Bahwa bila Umat Islam menyakini bahwa Pilar dan Inti dari Ibadah Haji adalah Wukuf di Arafah. Sementara Hari Arafah itu sendiri adalah Ketika Jema'ah Haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah. 

Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW :

"Ibadah Haji adalah Wukuf di Arafah"  

Semoga Makna Idul Adha ini menambah keimanan kita dalam menjalankan Agama Islam.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai posting tidak akan dimuat

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. SeoSpeeds Indonesia - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz